Sabtu, 27 Oktober 2012

Review : Blender 3D


Sejarah Blender Sebelum Terkenal :

Roosendaal belajar Desain Industri di Eindhoven, sebelum mendirikan studio animasi "NeoGeo" pada tahun 1989. NeoGeo dengan cepat menjadi studio animasi 3D terbesar di Belanda. Pada NeoGeo, Roosendaal bertanggung jawab untuk pengembangan perangkat lunak, dan pada tahun 1995 memutuskan untuk memulai. pengembangan perangkat lunak di rumah untuk animasi 3D, berdasarkan alat-alat yang NeoGeo sudah ditulis. alat ini kemudian disebut "Blender" pada bulan Januari 1998, sebuah versi gratis dari Blender dirilis di internet, diikuti oleh versi untuk Linux, pada bulan April tak lama setelah itu NeoGeo diambil alih oleh perusahaan lain di bagian. ini adalah ketika Ton Roosendaal dan Frank van Beek memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan bernama Bukan Nomor (NaN) ke pasar lebih lanjut dan mengembangkan. blender. model bisnis NaN yang terlibat menyediakan produk komersial dan jasa sekitar blender. pada tahun 2000 pembiayaan pertumbuhan perusahaan dijamin oleh perusahaan investasi beberapa sasaran ini. untuk menciptakan alat penciptaan gratis untuk interaktif (online) konten 3D , dan versi komersial dari perangkat lunak untuk distribusi dan penerbitan. Roosendaal pindah ke Amsterdam pada tahun 2002.
Karena penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang sedang berlangsung sulit, para investor NaN memutuskan untuk menutup semua operasi pada bulan Januari / Februari 2002 Ini berarti bahwa perkembangan Blender akan berakhir.. Namun, pada Mei 2002, dengan dukungan dari komunitas pengguna dan pelanggan, Ton Roosendaal mendirikan nirlaba Yayasan Blender.

Pengenalan Blender 3D:

Blender merupakan suatu software untuk membuat suatu grafik 3D dari pembuatan objek 3D, pembuatan animasi 3D sampai pembuatan Game 3D.
Untuk pembuatan dasar objek 3D di blender ini dengan cara membuat sebuah geometri objek yang ada pada tampilan pada pilihan mesh, dengan cara menekan space pada keyboard kemudian pilih add kemudian pilih Mesh.
Terdapat banyak macam geometri dasar seperti :
- Plane
- Cube
- Circle
- UVSphere
- IsoSphere
- Cylinder
- Cone
- Grid
- Monkey
- Empty Mesh
- Torus


Setiap pembuatan objek tersebut bisa dilakukan suatu perintah transformasi yaitu dapat melakukan pergeresan pada objek, dilatasi pada objek dan rotasi pada objek. Menggunakan fasilitas transformasi tersebut dapat dilakukan dengan cara menekan space pada keyboard kemudian pilih Transform. Disana banyak pilihan
transformasi.

Setelah mengetahui pembuatan objek dasar serta memanipulasi objek itu sendiri, blender dapat memberikan tekstur pada objek dengan cara UV Mapping. Untuk melakukan itu pada blender dapat dilihat pada window type di blender dan pilih UV/Image Editing.

Keunggulan Blender 3D :
1.     Interface yang user friendly dan tertata rapi.
2.     Tool  untuk membuat  objek  3D  yang  lengkap meliputi modeling,  UV mapping,
3.     Texturing,  rigging,  skinning,  animasi,  particle  dan  simulasi  lainnya,  scripting,
4.     Rendering, compositing, post production dan game creation.
5.     Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
6.     Bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
7.     Kualitas  arsitektur 3D  yang  berkualitas  tinggi dan  bisa  dikerjakan dengan  lebih
8.     Cepat dan efisien.
9.     Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
10.   File Berukuran kecil.
11.   Yang terakhir ini yang paling gw suka aplikasi ini Free (gratis) hehehe.

Sebelum lakukan installasi Blender, mohon perhatikan dahulu System dan Hardware anda sesuai dengan kebutuhan sistem berikut.

Sistem Operasi
·         Windows Xp, Vista dan 7
·         Mac OS X 10.5 atau di atasnya
·         Linux
·         FreeBSD

Spesifikasi Hardware Minimum
·         1 GHZ Single Core CPU
·         512 MB RAM
·         1024 x 768 px Display with 16 bit color
·         3 Button Mouse
·         Open GL Graphics Card with 64 MB RAM

Spesifikasi Hardware yang baik
·         2 GHZ Dual Core CPU
·         2 GB RAM
·         1920 x 1200 px Display with 24 bit color
·         3 Button Mouse
·         Open GL Graphics Card with 256 or 512 MB RAM

Spesifikasi Hardware untuk kegiatan produksi
·         64 bits, Multi Core CPU
·         8-16 GB RAM
·         Two times 1920 x 1200 px Display with 24 bit color
·         3 Button Mouse + tablet
·         Open GL Graphics Card with 1 GB RAM, ATI FireGL or Nvidia Quadro

Referensinya di sini dan sini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar