Roosendaal belajar Desain
Industri di Eindhoven, sebelum mendirikan studio animasi "NeoGeo"
pada tahun 1989. NeoGeo dengan
cepat menjadi studio animasi 3D terbesar di Belanda. Pada NeoGeo, Roosendaal
bertanggung jawab untuk pengembangan perangkat lunak, dan pada tahun 1995
memutuskan untuk memulai. pengembangan perangkat lunak di rumah untuk animasi
3D, berdasarkan alat-alat yang NeoGeo sudah ditulis. alat ini kemudian disebut
"Blender" pada bulan Januari 1998, sebuah versi gratis dari Blender
dirilis di internet, diikuti oleh versi untuk Linux, pada bulan April tak lama setelah itu NeoGeo
diambil alih oleh perusahaan lain di bagian. ini adalah ketika Ton Roosendaal
dan Frank van Beek memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan bernama Bukan
Nomor (NaN) ke pasar lebih lanjut dan mengembangkan. blender. model bisnis NaN
yang terlibat menyediakan produk komersial dan jasa sekitar blender. pada tahun
2000 pembiayaan pertumbuhan perusahaan dijamin oleh perusahaan investasi beberapa
sasaran ini. untuk menciptakan alat penciptaan gratis untuk interaktif (online)
konten 3D , dan versi komersial dari perangkat lunak untuk distribusi dan
penerbitan. Roosendaal pindah ke Amsterdam pada tahun 2002.
Karena penjualan yang
rendah dan iklim ekonomi yang sedang berlangsung sulit, para investor NaN
memutuskan untuk menutup semua operasi pada bulan Januari / Februari 2002 Ini
berarti bahwa perkembangan Blender akan berakhir.. Namun, pada Mei 2002, dengan
dukungan dari komunitas pengguna dan pelanggan, Ton Roosendaal mendirikan
nirlaba Yayasan Blender.
Pengenalan Blender 3D:
Blender merupakan suatu
software untuk membuat suatu grafik 3D dari pembuatan objek 3D, pembuatan animasi 3D sampai
pembuatan Game 3D.
Untuk pembuatan dasar objek 3D di blender ini dengan cara membuat sebuah geometri objek yang ada pada tampilan pada pilihan mesh, dengan cara menekan space pada keyboard kemudian pilih add kemudian pilih Mesh.
Untuk pembuatan dasar objek 3D di blender ini dengan cara membuat sebuah geometri objek yang ada pada tampilan pada pilihan mesh, dengan cara menekan space pada keyboard kemudian pilih add kemudian pilih Mesh.
Terdapat banyak macam geometri dasar seperti :
- Plane
- Cube
- Circle
- UVSphere
- IsoSphere
- Cylinder
- Cone
- Grid
- Monkey
- Empty Mesh
- Torus
Setiap pembuatan objek tersebut bisa
dilakukan suatu perintah transformasi yaitu dapat melakukan pergeresan pada objek, dilatasi pada
objek dan rotasi pada objek. Menggunakan
fasilitas transformasi tersebut dapat dilakukan dengan cara menekan space pada keyboard kemudian pilih
Transform. Disana banyak pilihan
transformasi.
transformasi.
Setelah mengetahui pembuatan objek dasar
serta memanipulasi objek itu sendiri, blender dapat memberikan tekstur pada objek dengan
cara UV Mapping. Untuk melakukan
itu pada blender dapat dilihat pada window type di blender dan pilih UV/Image Editing.
Keunggulan Blender 3D :
1. Interface yang user friendly dan tertata rapi.
2. Tool
untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi
modeling, UV mapping,
3. Texturing,
rigging, skinning, animasi, particle dan
simulasi lainnya, scripting,
4. Rendering, compositing, post production dan game
creation.
5. Cross Platform,
dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
6. Bisa anda
gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
7. Kualitas
arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa
dikerjakan dengan lebih
8. Cepat dan efisien.
9. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
10. File Berukuran kecil.
11. Yang terakhir ini yang paling gw suka aplikasi ini Free
(gratis) hehehe.
Sebelum lakukan
installasi Blender, mohon perhatikan dahulu System dan Hardware anda sesuai
dengan kebutuhan sistem berikut.
Sistem Operasi
·
Windows Xp, Vista dan 7
·
Mac OS X 10.5
atau di atasnya
·
Linux
·
FreeBSD
Spesifikasi Hardware
Minimum
·
1 GHZ Single
Core CPU
·
512 MB RAM
·
1024 x 768 px
Display with 16 bit color
·
3 Button Mouse
·
Open GL
Graphics Card with 64 MB RAM
Spesifikasi Hardware yang
baik
·
2 GHZ Dual Core
CPU
·
2 GB RAM
·
1920 x 1200 px
Display with 24 bit color
·
3 Button Mouse
·
Open GL
Graphics Card with 256 or 512 MB RAM
Spesifikasi Hardware
untuk kegiatan produksi
·
64 bits, Multi
Core CPU
·
8-16 GB RAM
·
Two times 1920
x 1200 px Display with 24 bit color
·
3 Button Mouse
+ tablet
·
Open GL
Graphics Card with 1 GB RAM, ATI FireGL or Nvidia Quadro
Tidak ada komentar:
Posting Komentar