Merupakan tugas softskill ke 2 yang diberikan dan soalnya seperti di bawah ini :
1. Apa yang dimaksud dengan shading?
2. Apa yang dimaksud dengan Ambient, Specular, dan Diffuse?
3. Mapping berkaitan dengan objek Material
a). Apa yang dimaksud dengan Mapping?
b). Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis nmapping?
4. a). Rancanglah game yang sangat sederhana
b). Buatlah skenario game tersebut
c). Buatlah satu (1) objek yang ada pada game tersebut!
Jawab
1.) Shading adalah efek pencahayaan. Ada 3
teknikdalam shading yaitu
- Gouraud : teknik ini lebih baik dibanding
teknik flat karena Nilai intensitas untuk tiap polygon disesuaikan
dengan poligon lain yang bersebelahan untuk mengurangi discontinuity
- Phong : teknikini model pencahayaan
diterapkan pada semua titik pada permukaan Memberikan highlight yang lebih
realistik dan mereduksi efek Machband.
- Flat (facet) : teknik ini bagus digunakan
untuk objek yang data ataupun melengkung karena teknik ini bergantung pada
banyaknya polygon
2.) a.) Diffuse : pembagian cahaya berdasarkan kepada bentuk, posisibenda, serta posisi cahayanya itu sendiri
b.) Specular :pembagian cahaya yang lebih baik, karena dengan teknik ini pembagian cahaya memperhitungkan refleksi cahaya maka posisi sudut pandang dari sipengamat juga ikut berpengaruh.
c.) Ambient :Cahaya ini diterima dengan intensitas yang sama oleh setiap permukaan pada benda. Cahaya latar tersebut dimodelkan mengikuti apa yang terjadi di alam, dimanadalam keadaan tanpa sumber cahaya sekalipun, benda masih dapat dilihat.
3.) Apa itu mapping
Mapping
merupakan proses dimana 2 model gambar di buat sebuah link ( hubungan) di
antara 2 model gambar tersebut di definisikan.
Jenis – jenis mapping :
a . Wide
map : pembuatan
mapping dengan jangkauan view yang luas.
b . Short
map : pembuatan map
dengan pandangan view yang kurang luas tapi masih bisa di bilang sempit,
tergantung dengan objek yang akan di buat, semakin banyak objek yang di buat
maka proses mapping akan semakin lama.
c . Medium map
: pembuatan mapping dengan memikirkan antara
keditail an suatu objek tapi kurang memperhatikan penempatan objeknya
4.) Konsep game :
Untuk konsep game ini kami membuat karakter (first
person) sebagai tokoh utama, dimana karakter utama ini tidak terlihat bentuk
tubuhnya, hanya kamera saja yang memperlihatkan pemandangan sekelilingnya.
Pemandangan
disekelilingnya ada dapur yang dimana terdapat keran yang sedang bocor, dan
sebuah kompor yang hampir terbakar akibat konsleting terkena air tersebut.
Desain Objek Game :
Nama : Rizki Aji Tri Prabowo
Kelas : 3ia07
NPM : 56410115
Tidak ada komentar:
Posting Komentar