Jumat, 10 Mei 2013

Tugas Softskill bagian 2



Merupakan tugas softskill ke 2 yang diberikan dan soalnya seperti di bawah ini :

1. Apa yang dimaksud dengan shading?
2. Apa yang dimaksud dengan Ambient, Specular, dan Diffuse?
3. Mapping berkaitan dengan objek Material
    a). Apa yang dimaksud dengan Mapping?
    b). Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis nmapping?
4. a). Rancanglah game yang sangat sederhana
    b). Buatlah skenario game tersebut
    c). Buatlah satu (1) objek yang ada pada game tersebut!


Jawab

1.)   Shading adalah efek pencahayaan. Ada 3 teknikdalam shading yaitu
  1. Gouraud : teknik ini lebih baik dibanding teknik flat karena Nilai intensitas untuk tiap polygon disesuaikan dengan poligon lain yang bersebelahan untuk mengurangi discontinuity
  2. Phong : teknikini model pencahayaan diterapkan pada semua titik pada permukaan Memberikan highlight yang lebih realistik dan mereduksi efek Machband.
  3. Flat (facet) : teknik ini bagus digunakan untuk objek yang data ataupun melengkung karena teknik ini bergantung pada banyaknya polygon

2.)   a.)  
Diffuse : pembagian cahaya berdasarkan kepada bentuk, posisibenda, serta posisi cahayanya itu sendiri

       b.)  
Specular :pembagian cahaya yang lebih baik, karena dengan teknik ini pembagian cahaya memperhitungkan refleksi cahaya maka posisi sudut pandang dari sipengamat juga ikut berpengaruh.
       c.)  Ambient :Cahaya ini diterima dengan intensitas yang sama oleh setiap permukaan pada benda. Cahaya latar tersebut dimodelkan mengikuti apa yang terjadi di alam, dimanadalam keadaan tanpa sumber cahaya sekalipun, benda masih dapat dilihat.

3.)   Apa itu mapping
       Mapping merupakan proses dimana 2 model gambar di buat sebuah link ( hubungan) di antara 2 model gambar tersebut di definisikan.
Jenis – jenis mapping :
a .       Wide map           : pembuatan mapping dengan jangkauan view yang luas.
b .      Short map          : pembuatan map dengan pandangan view yang kurang luas tapi             masih bisa di bilang sempit, tergantung dengan objek yang akan di buat, semakin banyak            objek yang di buat maka proses mapping akan semakin lama.
c .       Medium map       : pembuatan mapping dengan memikirkan antara keditail an suatu objek tapi kurang memperhatikan penempatan objeknya

4.)   Konsep game :
Untuk konsep game ini kami membuat karakter (first person) sebagai tokoh utama, dimana karakter utama ini tidak terlihat bentuk tubuhnya, hanya kamera saja yang memperlihatkan pemandangan sekelilingnya.
             Pemandangan disekelilingnya ada dapur yang dimana terdapat keran yang sedang bocor, dan sebuah kompor yang hampir terbakar akibat konsleting terkena air tersebut. 
            Desain Objek Game :



Nama           : Rizki Aji Tri Prabowo
Kelas           : 3ia07
NPM            : 56410115

Tidak ada komentar:

Posting Komentar