INTERACTIVE
SYSTEM
Merupakan sebuah sistem yang dibuat agar memberikan informasi
yang bersifat interaktif baik itu berupa hiburan, berita atau sebagainya.
Selain dari segi program, terdapat bagian lain yang harus diperhatikan dalam interaktif
sistem, tak lain dan tak bukan ialah user.
Interactive system memiliki beberapa bagian yang saling
mendukung, yaitu interactive entertainment dan interactive program. Sekarang
saya akan coba jelaskan sedikit tentang keduanya.
Interactive Entertainment
Interactive entertainment lebih ditujukan pada usaha dalam
memproduksi dan memberikan layanan yang bersifat menghibur kepada user sehingga
user dapat langsung merespon dengan cara memberikan umpan balik.
Konsep yang digunakan dalam interactive entertainment ialah
memberikan informasi dengan adanya kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi
dan video dengan memberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang
ada, sehingga user dapat langsung berinteraksi dengan program yang telah
dibuat.
Interactive Programs
Interactive programming adalah prosedur penulisan bagian dari
sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai
antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif,
di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.
Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive programs
adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program
ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi
kebutuhan user yang berasal dari permintaan user.
Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya
GUI yang dibangun pada program tersebut.
Interactive system juga lebih terdukung dengan adanya GUI
(Graphical User Interface). Berperan sebagai apa sajakah GUI tersebut? Simak
penjelasannya di bawah ini.
GUI (Graphical User Interface)
GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface merupakan
salah satu model interaksi antara manusia dan komputer.
Fungsi & Peranan GUI
Dari pemahaman GUI sebelumnya, fungsi dan peranan GUI dalam
dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut ini terdapat
beberapa fungsi dan peranan dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya
komputer :
(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse.
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan
user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi).
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam
komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti
menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain.
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User
friendly dan ergonomis.
(5). Pembuatan website.
(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi
skala besar lainnya.
Beragam Komponen-Komponen dari GUI
1. Combo Box
Combo box merupakan menu drop down yang digunakan untuk
membuat satu pilihan dari sekian banyak pilihan yang ada. Membuat objek
combo box dengan konstruktor dan menjalankan metode addltem untuk menambahkan
pilihan pada daftar combo box.
2. Label
Label merupakan komponen grafik yang dapat menampung
tulisan dan icon.
3. List
List merupakan daftar pilihan yang ditampilkan sekaligus.
Pengguna program dapat memebuat beberapa pilihan dari daftar yang di tampilkan.
4. Menu
Menu merupakandaftar pilihan program yang bisa dibentuk dalam
bentuk pop up.
5. Text Area
Text area merupakan tempat pengeditan teks yang dapat menampung
lebih dari satu baris.
6. Text Field
Text field merupakan area yang terdapat menampung tulisan yang
di ketik pengguna program.
kejadian yang muncul ketika user berinteraksi dengan aplikasi
disebut dengan event. Tanpa adanya event, GUI tidak dapat berjalan.
Terdapat beberapa macam event pada GUI (Graphical User Interface),
antara lain :
Event Source
Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya
event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text
field, etc.
Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan
bagaimana program merespon interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu
event source dan event listener / Handler.
Event Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani
event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke
user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
Event Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event. Yaitu ketika user
berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field,
dll. Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul,
seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut. Direpresentasikan
oleh class Event.
Event Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan
proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event
tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source
tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan
didefenisikan pada blok Event Handler.
Dipandang dari konsep struktur interactive programs,
event dari standard programming dengan interactive programming memiliki
perbedaan yang signifikan.
Pada interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang
perlu penambahan algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus
dihentikan selama penulisan ulang dari program. Hal tersebut berbeda dengan
event dari standard programming yang bersifat kebalikannya.
Jadi GUI sangat jelas kaitanya dengan kegiatan penggunaan suatu
aplikasi dalam komputer. Dalam hal ini, GUI menjembatani user dalam menggunakan
program aplikasi. Dengan tampilan yang ergonomis, user dengan mudah dapat
menyesuaikan aplikasi-aplikasi karena GUI membantu didalam interface yang dapat
dipahami penggunaannya dan mempermudah komunikasi antar keduanya sehingga
antara user dan sistem, tidak terjadi misscommuncation dalam menerapkan sistem
komputerisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar